Senin, 03 Maret 2014

Lelaki Tua itu Ayahku

Usianya memang tak muda lagi
Namun tubuh kurus itu
Masih menyimpan sedikit serpihan tenaga
Tangan yang kekar kokoh mengayun cangkul
Hamparan sawah yang begitu luas
Perlahan namun pasti habis terbabat
Sengatan panas terik tak sedikitpun terasa
Hanya kulit yang hitam legam dicumbu matahari
Berbisik sayu "cukup akulah yang jadi bukti"

Taukah kau.
Orang tua itu ayahku..

Ayahku seorang petani
Petani miskin
Tak pernah mengenal aksara
Pun tak tahu bagaimana menulis kata
Namun hidupnya selalu penuh makna
Dialah yang mengajarkan aku arti semangat perjuangan
Aku belajar tentang arti kesabaran
Dan Padanya pula aku memahami makna hidup sesungguhnya

Aku selalu bangga berkata..
Lelaki tua itu ayahku...

Aku selalu ingat pesan - pesannya
Untaian kata diselingi desah nafas tua itu
Pandanglah hamparan sawah luas ini
Negeri kita sungguh kaya
apapun yang ditanam selalu tumbuh
memanjakan setiap asa
kita tidak miskin nak,
inilah hidup yang sederhana dan penuh berkah.

Aku kembali berkata...
Lelaki tua itu Ayahku....